Thursday, March 3, 2011

Safee Sali - Soal Jawab bersama Kompas Bola Indonesia

Dengan pemergian Safee Sali pada pertengahan bulan Februari yang lepas, pasti para peminat tempatan ingin mengetahui selanjutnya tentang Safee Sali. Di sini aku sediakan Sesi Soal Jawab Safee Sali bersama Kompas Bola Indonesia serta peminat-peminat di sana. Ikuti soal jawab berikut ;


Safee Sali (10). Gambar disebat dari VIVAnews.

 

 J - Jawapan


JAKARTA, - Berikut ini adalah jawaban Safee Sali atas pertanyaan sejumlah pembaca Kompas.com. Mohon maaf jika ada pertanyaan yang tidak terjawab atau ditampilkan. Terima kasih atas perhatian, partisipasi, dan kerja samanya.


abil.unpad
1. Apa tanggapan saudara Safee mengenai isu penyuapan pada laga final Piala AFF 2010?
J: Sewaktu Piala AFF, tak ada dengar apa-apa tentang penyuapan. Saya rasa pada final Piala AFF, permainan amat bersih dan tidak jauh isu dari penyuapan.

2. Menurut saudara Safee apa yang membedakan sepak bola di Malaysia dengan Indonesia ?
J: Bedanya tidak terlalu jauh. Hampir sama. Namun yang terlalu ketara di sini, perlu fisik yang kuat untuk bermain bersama pemain-pemain asing. Kalau di Malaysia, saingan dengan pemain lokal agak rendah. 

3.Menurut Safee, cara yang paling tepat apa yang harus digunakan suatu negara yang ingin memajukan sepak bolanya?
J: Menurut saya, permainan bola sepak dengan politik tidak boleh disamakan. Kalau di Malaysia pun, ada tetapi agak kurang sikit sekang. Bagi saya, kedua-duanya tidak boleh disatukan.

4.Apa yang sudah dilakukan oleh Federasi Malaysia untuk memajukan sepak bolanya?
J: Kalau di Malaysia sekarang ini menerapkan aspek pembangunan sepak bola usiaa muda. Mereka menekankan pembangunan dari akar umbi di sekolah-sekolah rendah untuk memajukan dan membina suatu landasan yang kuat untuk tim nasional.


adetya9632
1. Apakah Anda tidak gentar bermain di Liga Indonesia padahal boleh dibilang Anda adalah "enemy number one" bagi suporter bola Indonesia, setelah Anda mengandaskan kans juara Indonesia di Piala AFF 2010?
J: Saya tidak gentar karena hanya datang dan bermain di sini dalam satu kata permainan bola sepak. Saya ingin belajar sesuatu di sini. Dalam permainan bola sepak itu sendiri, saya coba ingin menyatukan Indonesia dengan Malaysia. 

2. Liga indonesia identik dengan kerusuhan suporter, permainan keras dan menjurus kasar serta tingkat fanatisme yang kuat (berlebihan), yang polanya berbeda dengan Liga Malaysia yang cenderung tenang. Apakah Anda siap menghadapi kemungkinan yang saya sebutkan tadi?
 J: Sudah saya kaji liga di sini memang fanatik dan permainan keras. Di situ, saya cuba menguji tahap saya di mana. Sekarang, saya bersedia dengan latihan yang diberikan dan Insya Allah saya akan cuba menghadapi dengan sebaik mungkin.

3. Menurut Anda, apa perbedaan antara Liga Malaysia dengan Liga Indonesia ?
J: Tidak jauh berbeda. Cuma, persaingannya amat ketat dan permainannya keras di sini. 

4. Apa yang menjadi pertimbangan Anda memilih bermain di liga Indonesia daripada di liga lainnya misalnya di Eropa?
J: Kalau saya mempunyai tawaran daripada Eropa, memang saya tentu akan pergi ke Eropa. Dari negara Indonesia ini, saya cuba ingin memulai langkah untuk ke sana. Insya Allah kalau boleh.

adriesihung

Menurut Anda, Apa yang salah selama ini antara hubungan Indonesia dengan Malaysia sehingga seringkali terlibat "konflik", terutama masalah klaim beberapa kesenian tradisional oleh pihak Malaysia, yang membuat sebagian besar penduduk Indonesia marah dan membenci Malaysia, disamping masalah-masalah perihal TKI/TKW Indonesia di Malaysia?
J: Saya tidak ada koment soal itu. Tapi bagi pendirian saya, kita ini adalah satu rumpun. Jadi, masalah itu tidak boleh dibesarkan dan dipertikaikan. Perasaan emosianal harus diketepikan demi memandang untuk kebaikan dua negara di masa yang akan datang.
andinursyamsi

1. Apa bentuk dukungan keluarga dan orang-orang terdekat. Padahal beberapa tahun terakhir hubungan negara Anda dan Indonesia bisa dikatakan agak renggang?
J: Memang banyak dukungan daripada keluarga. Mereka cuba datang ke sini untuk menemani saya selama beberapa bulan untuk memberi saya motivasi. Saya bersedia menghadapai situasi dengan sebaik mungkin di sini.

2. Berapa lama Anda akan berkarier di Indonesia?
J: Isya Allah selama mana saya yang boleh dan saya akan cuba sebaik mungkin untuk bertahan lama di Indonesia.
artadewi69
Lahir di Malaysia bagian mana Safee Sali?
J: Saya lahir di negeri Selangor dekat Kajang.
Berapakah bersaudara Safee Sali?
J: Saya 12 bersaudara. Saya number delapan.

dvopelnael
Malu tidak Safee mendengar bahwa Malaysia mempatenkan suatu seni budaya yang sebenarnya  punya Indonesia?
J: Sebagai seorang individu memang saya malu jika hak orang lain saya cuba menipu sebagai hak diri saya. Ya, saya memang malu jika terjadi kepada diri saya.

dedich75
Apa tiga hal positif yang baru Anda ketahui tentang Indonesia yang akan Anda sampaikan kepada masyarakat Malaysia?
J: Pertama, yang akan saya sampaikan adalah penduduk-penduduk di Indonesia amat baik dan bagus sekali berkomunikasi dengan saya. Keduanya, di negara di Indonesia mempunyai suasana yang amat tenang. Ketiga, makanan-makanan di Indonesia hampir serupa dengan Malaysia.

d-maswir
1. Secara jujur dan terbuka, apa penilaian Encik Safee terhadap para pemain bola di Indonesia, khususnya yang bermain di Tim Nasional Indonesia dan juga Tim Nasional Indonesia itu sendiri?
J: Pemain tim nasional Indonesia mempunyai kualitas yang bagus dari segi permainan dan dari segi fisik. Cuma konsentrasi pemain perlu ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

 2. Siapakah pemain Tim Nasional Indonesia yang paling Encik Safee pikir “paling terhebat” dan “paling berbahaya”?
J: Kalau yang pernah saya lihat dulu zaman Bima Sakti dan Kurniawan Dwi Yulianto yang pernah mengalahkan Malaysia di Piala Tiger dulu.

3. Di serantau ini (Asean), negeri manakah yang Encik Safee anggap lebih berbahaya dari Indonesia sebagai lawan bagi Tim Nasional Malaysia?
J: Bagi saya Vietnam. Vietnam mempunyai suatu pasukan yang kuat.

4. Apa kelemahan utama pada Tim Nasional Indonesia? Apa nasihat atau advice Encik Safee untuk kami dalam membangun Tim Nasional Indonesia?
J: Perlu banyak konsentrasi dan komunikasi di antara satu sama lain di dalam pasukan untuk membina keseriusan sampai 90 menit.

5. Siapa bintang sepak bola (bola sepak) yang Encik Safee pikir “paling terhebat” di serantau Asean ini, sebagai bintang idaman Encik Safee?
J: Kalau di Asean ini yang saya kenal dan saya sanjung adalah Kiatisuk Sinamuang pemain Thailand yang bermain di Liga Inggris di masa dulu.

6. Bagaimana yang Encik Safee rasakan dengan orang-orang di sekitar baik di Pelita Jaya Club maupun di sekitaran rumah tempat keluarga tinggal? Bahagia dan menyenangkan atau tidak?
J: Ya, bagus amat senang. Saya rase seperti di Malaysia. Teman-teman amat mesra dengan saya di sini. Kagetlah dengan layanan yang diberikan kepada saya.

7. Sebelum bermain di Pelita Jaya, ada selalukah Encik Safee dan keluarga pergi makan angin ke Indonesia ? Kota mana yang paling disukai dan sering dikunjungi?
J: Saya dan famili tidak pernah ke sini sebelumnya. Tapi saya tahu banyak tempat cantik di sini seperti Bali dan Raja Ampat.

8. Siapakah superstar (sepakbola Dunia) yang Encik Safee paling sukai dan anggap terhebat?
J: Yang jadi idola saya adalah Cristiano Ronaldo.  Kalau dari segi profesionalnya, saya ingin mengikuti jejak David Beckham.

9. Tim Nasional (sepak bola dunia) dari negara manakah yang Encik Safee paling sukai dan anggap terhebat?
J: Spanyol amat paling hebat.

10. Football club (sepak bola dunia) manakah yang Encik Safee paling sukai dan anggap terhebat?
J: Manchester United dan Juventus.
eslan
Menurut Anda, Jika Malaysia dan Indonesia masuk Piala Dunia nanti, sampai manakah Indonesia dan Malaysia akan Lolos? Apa Hanya Sebagai penghibur?
J: Saya rase, kalau kita masuk ke Piala Dunia sudah cukup Alhamdullilah. Mungkin kita hanya sampai group stage.

firman.utina
1. Apa evaluasi paling utama bagi timnas di Piala AFF 2010?
J: Evaluasi yang paling utama adalah pemain-pemain muda yang bermain di timnas senior. Falsafah dari coach Rajagobal sendiri suka menggunakan pemain-pemain muda walaupun kurang berpengalaman. Namun, dari segi tenagenya, pemain muda banyak kelebihan.

2. Apakah Anda sudah cukup maksimal tampil di Piala AFF 2010?
J: Ya. Itu adalah persembahan yang cukup maksimal dari saya.

3. Siapa yang Anda lihat bakal memiliki karier gemilang di dunia sepakbola Malaysia di timnas Piala AFF 2010?
J: Yang ada di pikiran saya adalah seorang pemain kiri daripada Harimau Mude yakni Efendi.

4. Bagaimana anda melihat Liga Primer Indonesia?
J: Kalau pendapat saya, macam endak baguslah kalau tak direstui oleh FIFA dan bukan liga yang di bawah PSSI. Bagi pendapat saya, kalau ingin membangun suatu liga pelu mendapat restu dari FIFA dan persatuan dari Negara itu sendiri.

 5. Apa saran Anda kepada teman-teman yang bergabung ke LPI? Banyakkah yang curhat ke Anda?
J: Saya rase harus berpikir banyak kalilah sebelum ke sana dan berhati-hatilah kalau sudah ke LPI.

6. Apakah menjadi pemain sepak bola profesional bisa menjamin hidup si pemain sampai hari tua?
J: Kalau di Malaysia tak menjamin langsung karena banyak yang hidupnya tak tentu selepas karier bola sepak. Kalau bagi saya, cubelah berbuat yang terbaik semase saya masih bermain di bola sepak ini.
7. Melihat karir Anda sampai saat ini, apakah sewaktu remaja Anda pernah menginginkan menjadi topskor Malaysia sepanjang masa?
J: Tak pernah terpikir, di pikiran saya ingin menjadi seorang penyerang yang menjaringkan banyak gol di Malaysia.

8. Siapa inspirasi terbesar yg mendorong Anda untuk menyeriusi pilihan karier sebagai pemain sepak bola?
J: Ya mendorong adalah diri saya sendiri. Pada mase remaja, saya mempunyai dua pilihan yakni ingin terus belajar atau bermain bola sepak. Saya memilih bola sepak.

9. Seberapa besar peran Ayah Anda dalam karier seorang Safee ?
J: Banyak pesan dari orangtua saya. Mereka pesan untuk bersabar dan bermain bersungguh ketike latihan dan bermain.

10. Bagaimana Anda melihat Selangor FA & Pelita Jaya?
J: Kalau di Selangor FA dan Pelita Jaya banyak perbedaan. Selangor FA tidak mempunyai fasilitas sebaik ini. Dari segi finansial, saya tengok lebih banyak di Pelita Jaya.

11. Sedekat apa Anda dengan fans Selangor dan Timnas Malaysia?
J: Saya amat dekat dengan fans Selangor dan Malaysia terutama Ultras. Saya juga ingin mengucapkan banyak terimakasih karena mereka banyak mendukung saya.
 

12. Lebih dari dua tahun Anda berkiprah di Timnas senior Malaysia dan anda merasakan kepelatihan Norizan Bakar, Bhaskaran Sathianathan dan Krishnasamy Rajagopal. Mana yg paling berkesan?
J: Bagi saya Sathianathan dan Rajagopal yang paling berkesan sekali. Kalau Norizan Bakar, saya rase corak dan permainan tidak membantu pasukan saat itu. Stahianathan dan Rajagopal mempraktekan pemainan agresif di atas padang.

13. Apa sebenarnya masalah sepak bola Malaysia sehingga bisa kalah telak 1-5 oleh timnas Indonesia pada Piala AFF 2010?
J: Saya rase pada perlawanan pertama mungkin dari kesalahan individu. Hal itu muncul daripade pengalaman itu sendiri dari segi pemain-pemain mude ini. Di Stadion Senayan yang mempunyai remain penontonnya, mereka merasa terkejut dan kaku untuk membuat sesuatu di atas padang.

14. Setelah tidak tampil sebagai pemain sepakbola, Anda sudah ada niat untuk menjadi pelatih?
J: Kalau dulu memang saya ingin menjadi seorang pelatih selepas bermain bola sepak.

15. Dimanakah Anda mengenal istri?
J: Saya bermain di suatu klub Serawak dulu. Di sanalah, saya bertemu istri.

16. Apa yg Anda lakukan dengan waktu luang?
 J: Kalau saya, duduk di rumah dan bersantai bersama keluarga. Saya lebih suke bersantai dengan kedua anak saya.

17. Bagaimana anak-anak Anda melihat seorang Safee? Apa yg Anda ajarkan kepada anak-anak?
J: Saya tak percayelah bisa bermain di atas padang. Apabila dia melihat di kaca television, dia memang terjerit-terjerit nama papanya. 
 

18. Musik apa yg Anda suka?
J: Kalau musik, saya jenis semua suke. Dangdut saya suke. Musik di Indonesia pun amat bagus. Saya dulu hingga sekarang mengikuti music-musik di sini.

19. Lagu apa yg sering Anda dengarkan akhir-akhir ini?
J: Wali Band. Memang saya suke.

20. Seperti apa Anda ingin dikenang dalam lembaran sejarah persepakbola Malaysia ..??
J: Di Malaysia, saya ingin dikenal sebagai pemain yang pertama hijrah daripada luar Malaysia.
hpurba
1.Apa komentar Anda tentang Nurdin Halid?
J: Kalau di sini memang ada perselisihan banyak yang tidak harus diperbesarkan dan saya rase kepada pendukung kepada dua belah pihak tidak melemparkan emosi di mana-mana. Cume di peringkat atasan sendiri pelu mengadakan musyarah dan harus membuat kata putus untuk mencari jalan sebaik mungkin untuk PSSI itu sendiri. PSSI memiliki ramai pendukung sama seperti Malaysia.




Jafee Jali (nama baru lepas masuk Pelita Jaya). lol


2.Apa benar Anda dibayar lebih murah di Indonesia dibanding di Malaysia?
J: Oh kalau itu endak benar.

ichinosekai
Safee apa yg akan kamu lakukan setelah tidak bermain sepak bola lagi?
J: Saya rase mungkin akan menjadi seorang pelatih atau usahawan.

Irvingsulistya
1.Apa target Anda setelah menjadi pemain Pelita Jaya?
J: Saya ingin bermain di klub yang lebih tinggilah. Saya ingin mencube sesuatu yang lebih maksimal lagi.

2.Anda lebih memilih tandem dengan Walter Brizuelan atau Juan Ramirez?
J: Saya memilih dengan Ramierez-lah untuk masa sekarang ini.

3.Bagaimana menurut Anda tentang Liga Indonesia?
J: Liga Indonesia adalah liga yang mempunyai permainan keras.

4.Siapkah Anda untuk beradu kualitas dengan pemain lokal Indonesia, Boaz T Erwin Salossa, yang kini menjadi top skor dengan torehan 17 gol?
J: Boaz memang seorang pemain laju dan lincah. Dia memang harus dihormati di tim Indonesia.
Isaaaaaaaaaan
Anda tau tidak tentang masalah perjudian pertandingan antara Indonesia vs Malaysia sewaktu di Bukit Jalil? apakah kabar itu sampai ke media olah raga Malaysia?
J: Enggak ada di Malaysia isu-isu penyuapan di Piala AFF.

carlo.ajilotti
Gol kamu ke gawang Indonesia waktu leg kedua final AFF di senayan sungguh hebat, first time keras dengan kaki kiri. Kalau kamu melihat lagi rekaman gol itu, apa yang ada di pikiran kamu?
J: Saya seolah-olah tidak percaya dengan yang saya cetak itu sendiri. Soalnya, kalau melihat video itu, kaki kiri saya memang kuat banget. 

kasri.rohil
Kami senang Anda main di Indonesia..tapi secara finansial apa Anda cukup diuntungkan?
J: Bukan hanya mengenai uang. Saya rase untuk saat ini, saya bersyukur.

nwutama
1. Apa cita-cita anda untuk 5 tahun ke depan?
J: Target saya ingin bermain di Liga Australia.

2. Hal positif apakah yang Anda lihat dalam dunia sepak bola Indonesia dibanding dunia sepak bola Malaysia?
J: Banyak pemain-pemain muda yang lebih mempunyai bakat di Indonesia. Di sini kan ramai penduduk dan saya lihat banyak kualitas yang ada di anak muda.

3. Bagaimana sistem pelatihan tim di Indonesia dibanding sistem pelatihan klub di Malaysia ?
Memang berbeda. Di sana, latihannya lebih kepada disiplin. Sementara di sini lebih kepada fisikal.


4. Bagaimana perbedaan kondisi lapangan hijau di Indonesia dibanding di Malaysia?
J: Kalau dibedakan tidak terlalu jauh. Di Malaysia pun ada padang yang jelek. Di sini pun ada padang yang bagus dan yang jelek. Saya rase tidak terlalu jauh berbeda.

5. Apa yang Anda pikir bisa diperbaiki dari dunia sepak bola Indonesia ?
J: Memang banyak yang perlu diperbaiki. Saya rasa rugilah kalau di Indonesia ini, sepak bolanya jatuh karena di sini ramai pendukung yang fanatik.Malaysia tidak seperti di sini, pendukungnya amat fanatik dan amat bagus bagi pemain itu sendiri. Bila ramai pendukung di stadion, semangat pemain lebih bertambah. Kalau di sini, cara permainan yang harus ditingkatkan.
syahad.ms
Bagaimana dengan fans Anda di Malaysia tentang kepergian Anda ke Liga Indonesia dengan memanasnya hubungan diplomatik kedua negara? Apa Anda tidak takut di bilang seorang pengkhianat?
J: Tidak. Saya sudah jelaskan kepada pendukung di saya bahwa saya ingin belajar sesuatu di sini. Mereka harus paham di sini mempunyai suatu liga yang kompetitif dan mempunyai pemain asing. Saya boleh banyak belajar di sini.

zacky_top
Apa kesan Anda dan teman satu tim ketika melihat supporter indonesia yang begitu fanatik pada Piala AFF lalu?
J: Satu pengalaman yang kami tidak akan lupakan karena kami sebelumnya tidak pernah melihat pendukung yang fanatic seperti itu.
randhyfajarnugraha
Pertanyaan buat Safee Sali. Apa mungkin memilih Pelita Jaya daripada Persib Bandung karena ingin menjebol kembali gawang Markus Horison seperti di Piala AFF lalu?
J: Enggak. Saya melihat Pelita ini merupakan suatu klub yang besar dan pernah bermain hebat. Fandi Ahmad pun pernah menjadi pelatih di sini dan saya mendapatkan informasi saat datang ke Pelita Jaya.

Apa pendapat Safee dengan pemain muda Pelita dan bedanya apa dengan muda Malaysia?
J: Tidak juah beda. Mereka punya corak permainan yang pantas dan bagus sekali untuk sebuah tim di zaman modern ini. Cara permainan di sini dan di sana, hamper serupa.
dhani.van.halen
Mas kan keturunan Indonesia. Jika Anda diberi pilihan saat ini, ingin membela Indonesia atau Malaysia?
J: Memang di dalam darah saya mempunya dua Indonesia dan Malaysia. Tempat lahir saya di Malaysia. Untuk masa sekarang ini, saya harus mempertahankan hak saya di sanalah. Di sini, saya amat teresang. Saya bersyukur karena dalam darah saya ada Indonesia dan Malaysia.

ry4ntbj
Dear om safee... Pembinaan bola di Malaysia gimana sih? Kok bisa maju pesat? Sedangkan di Indonesia sekarang malah amburadu! Emang di Malaysia enggak ada korupsi ya? Dijawab ya om...tks salam:ry4n
J: Memang di Malaysia enggak ada korupsi karena kerajaan di sana mempunyai badan untuk mencegah korupsi. Saya rasa itu berperan sekali untuk membina Negara yang maju dari semua segi. Kalau korupsi ini tidak membangun sebuah Negara.

sandhy.yudha
Waktu final Piala AFF Leg 2 di Senayan, Saya tahu semua suporter Indonesia mencaci-maki setiap pemain Malaysia membawa bola. Saya salut dengan permainan Malaysia. Kebetulan saya Bobotoh Persib,saya mau tanya kenapa tidak jadi ke Persib? Padahal, saya dengar isu Shahril dan Baihakki bakal di depak. Saya berharap anda akan ke Persib. Saya masih berharap anda akan mengenakan seragam Pangeran Biru kebanggaan Persib pada suatu saat nanti.
J: Saya rasa Persib suatu klub yang amat besar di sini. Saya juga mempunyai teman di sini menceritakan soal Persib, Tapi sekarang, saya amat happy di Pelita. Banyak pemain baru dan pertemanan di sini amat mesra.
sunandar.sajugo
1. Apa kiat/tips buat orang tua untuk memfasilitasi anak supaya bisa menjadi pemain bola yang berbakat? Apakah sekolah bola akan membantu?
J: Kalau saya dulu, orang tua saya lebih mementingkan disiplin. Apabila sudah bermain di arena bola sepak sendiri, harus bersungguh-sungguh. Tidak ada lagi kata dua.

3. Sejak umur berapa berlatih bola secara reguler? dimana saja sekolah sepak bolanya? seminggu berapa kali?
J: Bermain regular sejak umur 12 tahun. Di usia tersebut, saya mengambil sekolah bola sepak yang bagus karena saya sudah mewakili negeri. Kalau berlatih, tiada hari saya berlatih.
yusril_amal
Motivasi apa Safee bermain di Indonesia? Padahal, dia di suruh sama FAM untuk bermain di Liga Jepang yang lebih baik daripada Liga Indonesia yang setiap harinya pasti ada banyak masalah?
J: Sebagai pemain bola sepak, saya lebih suka bermain di Indonesia lebih suka lagi daripada bermain di Jepang. Soalnya, kalau di Jepang, tidak semestinya saya mewakili klub itu. Maksud FAM di Jepang, bukan mewakili klub itu hanya untuk ujicoba di sana. Kalau terpilih, saya bermain di Jepang. Lebih bagus, saya membuat keputusan bermain di sini dan saya ingin belajar dari segi kompetisnya. 
resta.pxd
Sebelum resmi bergabung dengan Pelita Jaya, adakah klub LPI yang menawari kontrak untuk bergabung? kalau ada, klub mana?
J: Tidak ada yang menawari saya sebelum saya ke Pelita Jaya.


Super Safee

 Om, jangan panggil gw(gue) maling yach? Kerna gw sudah link kan itu postnya ke laman web kamuu. LOL


Sesi Soal Jawab berikut adalah hak milik Kompas Bola Indonesia

1 comment: